Kamis, April 22, 2010

Pembuatan Gula Cair dari Tapioka

A. Alat :
1.Mesin Gelatinisasi
2.Saringan
3.Tabung Penukar Ion
4.Evaporator

B. Bahan :
1.Tepung Tapioka
2.Air
3.Enzim α-Amilase
4.Enzim Amiloglukosidase
5.Natrium Hidroksida (NaOH)
6.Asam Klorida (HCl)
7.Arang aktif


C. Cara Kerja :

1.Tahap Likuifikasi :
a.Larutkan tapioka dalam air dengan perbandingan 1 : 3 dan diaduk rata.
b.Panaskan pada suhu 95-105°C dan tambahkan 0,8 ml enzim α-Amilase/kg pati sembari diaduk rata.Pertahankan tingkat keasaman pada pH 6,2–6,4, caranya dengan menambahkan Natrium Hidroksida (NaOH) atau Kalsium Klorida (CaCl2).
c.Setelah 60 menit pemanasan, dinginkan larutan hingga bersuhu 60°C. Untuk memastikan pati telah terdegradasi menjadi dextrin dilakukan uji Iod dengan meneteskan Iodium pada sampel bahan. Bila Iodium berwarna coklat berarti semua pati telah berubah menjadi dextrin.

2.Tahap Sakarifikasi :
a. Setelah dingin hingga suhu 60°C, tambahkan 0,8 ml enzim Amiloglukosidase/kg pati. PH diatur 4–4,6 dengan menambahkan asam klorida (HCl) ke dalam larutan pati.
b. Diamkan larutan selama 76 jam hingga menjadi cairan gula.

3.Tahap Pemucatan & Penyaringan :
a. Tambahkan 0,5 – 1% arang aktif/kg pati untuk mengikat, menggumpalkan dan mengendapkan kotoran-kotoran serta menghentikan aktifitas enzim (tahap pemucatan).
b. Saring larutan untuk memisahkan gula cari dengan karbon aktif dan endapan kotoran. Penyaringan bertujuan untuk mendapatkan gula cair dengan tingkat kejernihan 93%.
c. Bila belum tercapai ulangi lagi pemucatan dan penyaringan tersebut.
d. Alirkan gula cair melewati tabung berisi penukar ion, untuk mengikat dan memisahkan ion-ion logam dan kotoran terlarut dalam gula cair. Tabung penukar ion terdiri atas 3 tabung, masing-masing berisi resin kation,anion, dan campuran anion & kation.

4.Tahap Evaporasi :
a. Masukkan gula cair dalam evaporator untuk menaikkan kemurnian gula. Proses ini berlangsung pada suhu 50-60°C.
b. Evaporasi selesai ketika gula cair berhenti menetes dari pipa evaporator. Dengan pemurnian tersebut kadar kemanisan gula cair meningkat dari 30-36° briks menjadi 60-80° briks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar